Periodisasi Prosa dan
Tokohnya
a. Pengertian
Prosa
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme (rhythm) yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". M. Saleh Saad dan Anton M. Muliono (dalam Tjahyono, 1988:106) mengemukakan pengertian prosa (fiksi, prosa narasi, narasi, ceritera berplot, atau ceritera rekaan disingkat cerkan) adalah bentuk ceritera atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa, dan alur yang dihasilkan oleh daya imajinasi. Prosa di bagi menjadi dua yaitu Prosa Lama dan Prosa Baru. Prosa lama adalah bentuk karya sastra yang belum dipengaruhi oleh kebudayaan barat. Prosa lama berbentuk tulisan karena pada jamannya belum ditemukan alat untuk menulis sedangkan Prosa baru adalah bentuk karya sastra yang telah dipengaruhi oleh kebudayaan barat
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme (rhythm) yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". M. Saleh Saad dan Anton M. Muliono (dalam Tjahyono, 1988:106) mengemukakan pengertian prosa (fiksi, prosa narasi, narasi, ceritera berplot, atau ceritera rekaan disingkat cerkan) adalah bentuk ceritera atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa, dan alur yang dihasilkan oleh daya imajinasi. Prosa di bagi menjadi dua yaitu Prosa Lama dan Prosa Baru. Prosa lama adalah bentuk karya sastra yang belum dipengaruhi oleh kebudayaan barat. Prosa lama berbentuk tulisan karena pada jamannya belum ditemukan alat untuk menulis sedangkan Prosa baru adalah bentuk karya sastra yang telah dipengaruhi oleh kebudayaan barat
b. Jenis-Jenis Prosa
1. Prosa Fiksi
Prosa
fiksi adalah prosa yang berbentuk karangan/Khayalan yang dibuat oleh
pengarangnya. Isi cerita yang dibuat tidak sepenuhnya berdasarkan pada fakta
yang terjadi. Prosa fiksi ini disebut juga karangan narasi
sugestif/imajinatif.
Contoh prosa fiksi : Cerpen, novel, dan
dongeng
2. Prosa Nonfiksi
2. Prosa Nonfiksi
Prosa nonfiksi merupakan karangan yang dibuat
bukan berdasarkan rekaan/khayalan sang pengarang, tetapi berisi hal-hal berupa
informasi faktual ( kenyataan ) atau berupa pengamatan pengarang. Jenis prosa
non fiksi ini juga disebut karangan semi ilmiah
Contoh Prosa nonfiksi : Artikel, tajuk rencana,
opini, feature, biografi, tips, reportase, jurnalisme baru, iklan dan pidato.
3. Prosa Deskripsi
3. Prosa Deskripsi
Prosa deskripsi
adalah karangan yang isinya menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seolah –
oleh melihat sendiri objek yang digambarkan itu.
4. Prosa Narasi
4. Prosa Narasi
Prosa narasi adalah
karangan yang isinya menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan
agar pembaca seolah – olah mengalami kejadian yang diceritakan itu.
5. Prosa
eksposisi
Prosa eksposisi
adalah karangan yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi dengan
sejelas – jelasnya.
6. Prosa
Argumentasi
Prosa argumentasi
adalah karangan yang berisi idea tau gagasan yang dilengkapi data – data
kesaksian bertujuan mempengaruhi pembaca untuk
menyatakan persetujuannya.
7. Prosa Persuasi
Prosa persuasi
adalah karangan yang disampaikan dengan cara – cara tertentu, bersingfat
ringkas, menarik pembaca, hingga pembaca terhanyut oleh siratan ininya.
c. Unsur-Unsur Prosa
unsur-unsur intrinsik prosa:
unsur-unsur intrinsik prosa:
1. Tema
Gagasan, ide, atau pikiran utama yang mendasari suatu
karya sastra disebut tema. Atau gampangnya, tema adalah sesuatu yang menjadi
dasar cerita, sesuatu yang menjiwai cerita, atau sesuatu yang menjadi pokok
masalah dalam cerita. Tema ada yang
dinyatakan secara eksplisit (disebutkan) dan ada pula yang dinyatakan secara
implisit (tanpa disebutkan tetapi dipahami). Dalam menentukan tema, pengarang
dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: minat pribadi, selera pembaca,
dan keinginan penerbit atau penguasa.
2) Amanat
Amanat adalah ajaran moral atau pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya. Sebagaimana tema, amanat dapat disampaikan secara implisit yaitu dengan cara memberikan ajaran moral atau pesan dalam tingkah laku atau peristiwa yang terjadi pada tokoh menjelang cerita berakhir, dan dapat pula disampaikan secara eksplisit yaitu dengan penyampaian seruan, saran, peringatan, nasehat, anjuran, atau larangan yang berhubungan dengan gagasan utama cerita.
3) Tokoh
Tokoh adalah individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau lakuan dalam berbagai peristiwa cerita. Pada umumnya tokoh berwujud manusia, namun dapat pula berwujud binatang atau benda yang diinsankan.
4) Alur (Plot)
Alur adalah urutan atau rangkaian peristiwa dalam cerita. Alur dapat disusun berdasarkan tiga hal, yaitu:
2) Amanat
Amanat adalah ajaran moral atau pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya. Sebagaimana tema, amanat dapat disampaikan secara implisit yaitu dengan cara memberikan ajaran moral atau pesan dalam tingkah laku atau peristiwa yang terjadi pada tokoh menjelang cerita berakhir, dan dapat pula disampaikan secara eksplisit yaitu dengan penyampaian seruan, saran, peringatan, nasehat, anjuran, atau larangan yang berhubungan dengan gagasan utama cerita.
3) Tokoh
Tokoh adalah individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau lakuan dalam berbagai peristiwa cerita. Pada umumnya tokoh berwujud manusia, namun dapat pula berwujud binatang atau benda yang diinsankan.
4) Alur (Plot)
Alur adalah urutan atau rangkaian peristiwa dalam cerita. Alur dapat disusun berdasarkan tiga hal, yaitu:
1.
Berdasarkan
urutan waktu terjadinya (kronologi). Alur yang demikian disebut alur linear.
2.
Berdasarkan
hubungan sebab akibat (kausal). Alur yang demikian disebut alur kausal.
3.
Berdasarkan
tema cerita. Alur yang demikian disebut alur tematik. Dalam cerita yang beralur
tematik, setiap peristiwa seolah-olah berdiri sendiri. Kalau salah satu episode
dihilangkan cerita tersebut masih dapat dipahami..
5. Latar
(setting)
Latar adalah segala keterangan, petunjuk, pengacuan yang berkaitan dengan waktu, ruang, suasana, dan situasi terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar dapat dibedakan ke dalam tiga unsur pokok:
a. Latar tempat, mengacu pada lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi.
b. Latar waktu, berhubungan dengan masalah ‘kapan’ terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi.
c. Latar sosial, mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi. Latar sosial bisa mencakup kebiasaan hidup, adat istiadat, tradisi, keyakinan, pandangan hidup, cara berpikir dan bersikap, serta status sosial.
Latar adalah segala keterangan, petunjuk, pengacuan yang berkaitan dengan waktu, ruang, suasana, dan situasi terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar dapat dibedakan ke dalam tiga unsur pokok:
a. Latar tempat, mengacu pada lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi.
b. Latar waktu, berhubungan dengan masalah ‘kapan’ terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi.
c. Latar sosial, mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi. Latar sosial bisa mencakup kebiasaan hidup, adat istiadat, tradisi, keyakinan, pandangan hidup, cara berpikir dan bersikap, serta status sosial.
6. Sudut
pandang (point of view)
Sudut pandang adalah cara memandang dan menghadirkan tokoh-tokoh cerita dengan menempatkan dirinya pada posisi tertentu. Dalam hal ini, ada dua macam sudut pandang yang bisa dipakai yaitu Sudut pandang orang pertama (first person point of view) dan Sudut pandang orang ketiga (third person point of view)
Sudut pandang adalah cara memandang dan menghadirkan tokoh-tokoh cerita dengan menempatkan dirinya pada posisi tertentu. Dalam hal ini, ada dua macam sudut pandang yang bisa dipakai yaitu Sudut pandang orang pertama (first person point of view) dan Sudut pandang orang ketiga (third person point of view)
7.
Gaya bahasa
Gaya bahasa adalah teknik pengolahan bahasa oleh pengarang dalam upaya menghasilkan karya sastra yang hidup dan indah.
Gaya bahasa adalah teknik pengolahan bahasa oleh pengarang dalam upaya menghasilkan karya sastra yang hidup dan indah.
Unsur Ekstrinsik
a. Nilai-nilai dalam cerita
b. Latar belakang kehidupan pengarang
c. Situasi sosial ketika cerita itu diciptakan
a. Nilai-nilai dalam cerita
b. Latar belakang kehidupan pengarang
c. Situasi sosial ketika cerita itu diciptakan
d.
Periodisasi Prosa
1.
Prosa Lama
Prosa
lama merupakan karya sastra yang belum mendapat pengaruh dari sastra atau
kebudayaan barat. Karya sastra prosa lama yang mula-mula timbul disampaikan
secara lisan, disebabkan karena belum dikenalnya bentuk tulisan. Setelah agama
dan kebudayaan Islam masuk ke indonesia, masyarakat menjadi akrab dengan
tulisan, bentuk tulisan pun mulai banyak dikenal. Sejak itulah sastra tulisan
mulai dikenal dan sejak itu pulalah babak-babak sastra pertama dalam rentetan
sastra indonesia mulai ada. Adapun bentuk-bentuk sastra prosa lama adalah:
1.
Hikayat
2.
Sejarah
3.
Kisah
4.
Dongeng
5.
Ceritaberbingkai
Tokoh
– tokohprosa lama
·
HamzahPansuri
·
Abdul Rauf
·
NuruddinArraniri
2. ProsaBaru
Prosa baru adalah karangan prosa yang timbul
setelah mendapat pengaruh sastra atau budaya Barat. Bentuk-bentuk prosa baru
adalah sebagai berikut:
1.
Roman
2.
Cerpen
3.
Riwayat
4.
Kritik
5.
Novel
6.
Resensi
7.
Essai
Tokoh
– TokohProsabaru
·
MerariSiregar
·
MarahRusli
·
Muhammad Kasim
·
Abdul Muis
·
Suman H.S
Periodisasi Seni dan Tokohnya
1. Pengertian Seni
Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sanskerta darikata sani yang diartikan pemujaan, persembahan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Sudarmaji, pengertian seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.Ada 5 cabang seni yaitu Seni Rupa,Seni Teater,Seni Musik, Seni Tari dan Seni Sastra
2. Sejarah Seni Rupa
a. Seni Rupa Zaman Prasejarah
Seni rupa dapat dikatakan sebagai bagian budaya yang tua. Dalam batas-batas tertentu, seni rupa telah ada sejak manusia mengenal peradaban. Karya-karya yang dimaksud ditemukan dalam bentuk gerabah yang diberi ornament hias tertentu, patung-patung leluhur masyarakat prasejarah, serta catatan-catatan (dalam bentuk gambar) yang digoreskan pada dinding-dinding goa.
Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sanskerta darikata sani yang diartikan pemujaan, persembahan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Sudarmaji, pengertian seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.Ada 5 cabang seni yaitu Seni Rupa,Seni Teater,Seni Musik, Seni Tari dan Seni Sastra
2. Sejarah Seni Rupa
a. Seni Rupa Zaman Prasejarah
Seni rupa dapat dikatakan sebagai bagian budaya yang tua. Dalam batas-batas tertentu, seni rupa telah ada sejak manusia mengenal peradaban. Karya-karya yang dimaksud ditemukan dalam bentuk gerabah yang diberi ornament hias tertentu, patung-patung leluhur masyarakat prasejarah, serta catatan-catatan (dalam bentuk gambar) yang digoreskan pada dinding-dinding goa.
Pada akhir abad
ke-19 dan permulaan abad ke-20, ditemukan pada beberapa tempat hasil seni yang
dianggap orang paling tua hingga saat ini. Penemuan tersebut merupakan
lukisan-lukisan pada dinding gua-gua yang terdapat di Perancis Selatan dan
Spanyol Utara seperti di Combaralles, Font de Gaume, Altamira, dan Alpera. Lukisan-lukisan yang dibuat pada
dinding-dinding dan langit-langit gua tersebut dibuat dengan digurat atau
dicukil dengan batu tajam. Cukilan ini diberi warna memakai batu dangklik)
dicampur dengan lemak binatang sebagai perekatnya. Kebanyakan terdapat
gambar-gambar binatang bison atau sapi hutan. Ada juga beruang, rusa kutub,
kuda liar, dan babi hutan.
b. Peradaban
Bangsa-Bangsa Kuno
Bangsa-bangsa timur yang mendiami daerah
Timur Tengah dan Asia Kecil serta daerah Mesir dikenal sebagai bangsa-bangsa
yang memiliki peradaban tinggi. Di mesir kita dapat menyaksikan sisa-sisa
peradaban tinggi dalam bentuk karya seni arsitektur, patung, serta lukisan
dinding yang bernilai tinggi seperti piramida, spinx serta relief-relief dan
lukisan pada dinding bagian dalamnya.
Selain
bangsa Mesir, bangsa Babilonia, Asiria, dan Persia merupakan bangsa-bangsa yang
memiliki kebudayaan yang tinggi.

Bangsa Yunani dan Romawi sering
dijadikan titik awal perkembangan seni rupa di dunia. Lukisan-lukisan karya
pelukis Yunani kuno menampilkan bentuk-bentuk geometris yang diterakan pada
permukaan keramik, jambangan, serta benda-benda kerajinan tangan lainnya.
Sementara itu, bangsa Romawi karyanya dapat kita saksikan di dalam rumah-rumah
bangsawan di kota Pompei.
c. Seni Rupa Zaman Abad Pertengahan
c. Seni Rupa Zaman Abad Pertengahan
Periode
ini berlangsung mulai tahun 476 Masehi yakni pada awal perkembngan agama
Nasrani di Romawi, dan berakhir pada tahun 1492, yakni pada saat ditemukannya
benua Amerika. Karya-karya seni rupa abad pertengahan banyak dipengaruhi oleh
corak budaya Yuani Purba dan Romawi yang menganut kepercayaan politheisme
(menyembah banyak dewa) dan dicampur dengan ajaran-ajaran Nasrani. Pada zaman
ini gereja memiliki pengaruh yang sangat besar.

2. Rucellai Madonna (1285), Maestà bersama Dua Puluh Malaikat dan Sembilan Belas Santo karya Duccio
d.
Seni
Rupa Zaman Renaissance
Zaman
renaissance merupakan zaman perubahan besar-besaran dalam berbagai bidang
keilmuan dan seni budaya. Kemapanan gereja mulai terusik oleh berbagai
pertentangan serta penemuan dalam bidang-bidang keilmuan. Penemuan-penemuan baru dalam bidang geografi,
fisika, astronomi telah dianggap sebagai hal yang menentang keberaddan da
kemapanan agama. Galileo (1564-1642), seorang ahli fisika, ahli astronomi dan
juga filsuf, ditangkap dan dipenjara dengan tanpa ditentukan batas waktunya
karena penemuannya bertentangan dengan hokum-hukum yang dipercayai gereja.

Tokoh-tokoh seni rupa yang terkenal
pada periode ini adalah Leonardo da Vinci, Michelangelo, dan Rafael Santi.
Karya-karya penting pada masa ini terdapat pada bentuk-bentuk bangunan gereja,
lukisan-lukisan dinding, relief pada pintu-pintu rumah dan bangunan gereja,
serta patung-patung perunggu yang menghiasi hampir seluruh gereja di Italia
serta seluruh Eropa Barat dan Eropa Timur.
a.
Monalisa
karya
Leonardo Da Vinci
b.
Patung
Pieta karya Michelangelo
e.
Seni
Rupa Zaman Barok dan Rokoko
Kata Barok (baroque) berasal dari bahasa Romawi yang
berarti “tidak beraturan” atau “menyimpang”. Michelangelo dan Palladio dianggap
sebagai pelopor dari gerakan ini. Zaman Barok terlahir pada pertengahan abad
ke-16 sebagai awal mula pengaruh seni Italia ke seluruh daratan Eropa.
Jika misi renaissance adalah melepaskan diri dari cara berpikir zaman pertengahan dan dipenuhi pola pikir gereja, maka barok melepaskan diri dari keterikatan tema-tema serta nuasnsa-nuansa yang terkandung pada masa renaissance. Lukisan-lukisan pada zaman barok terkesan berlebihan dari keadaan sebenarnya. Peter Paul Rubens (1577-1640), seorang seniman Belanda, melukiskan tubuh-tubuh orang penuh dengan otot-otot serta tokoh-tokoh perkasa.
Jika misi renaissance adalah melepaskan diri dari cara berpikir zaman pertengahan dan dipenuhi pola pikir gereja, maka barok melepaskan diri dari keterikatan tema-tema serta nuasnsa-nuansa yang terkandung pada masa renaissance. Lukisan-lukisan pada zaman barok terkesan berlebihan dari keadaan sebenarnya. Peter Paul Rubens (1577-1640), seorang seniman Belanda, melukiskan tubuh-tubuh orang penuh dengan otot-otot serta tokoh-tokoh perkasa.

Rococo diambil dari kata “rocaile” yang berarti seni
kulit kerang, sejenis kesenian yang sangat digemari pada saat itu di Italia.
Pada zaman inilah bentuk-bentuk penyelewengan kaidah seni tampil meluas.
Lukisan-lukisan dibuat menjadi lebih indah dari aslinya, lebih hebat, dan
menyimpang dari sebenarnya. Karya seni menjadi barang pesanan kaum bangsawan
dan saudagar yang memiliki banyak uang. Pada zaman ini kkary seni
diperjualbelikan secara salah dan menjadi komoditas yang tidak berharga.
a.
The
Descent From the Cross karya Peter Paul Rubens
f.
Seni
Rupa Abad ke-19
Penggalian
kembali corak-corak lama, seperti yang terdapat pada gaya-gaya Yunani Purba dan
Romawi telah melahirkan aliran-aliran baru yang dikenal dengan alisan klasik
dan neo klasisme dalam seni lukis dan seni patung.
Beberapa
catatan penting yang dapat disajikan dalam perkembangan seni rupa pada abad
ke-19 ini adalah sebagai berikut:
a. Munculnya
berbagai aliran seni rupa seperti romaantisme, impresionisme, realism,
simbolisme, munumentalisme, dll.
b. Terlepasnya
pengaruh agama, terutama gereja, dari corak, gaya serta nafas kesenian secara
umum.
c. Para
pelukis semakin berani melakukan percobaan dengan berbagai penggunaan warna
cerah sebagai pencurahan emosi dan pemikiran.
d. Seniman
bukan lagi dari kalangan bangsawan atau memiliki status social tinggi,
melainkan juga banyak yang berasal dari kalangan bawah.
Beberapa
tokoh seniman yang terlahir pada abad ke-19 dan mewakili aliran-aliran yang
dianutnya adalah sebagai berikut :
a. Klasisisme
: arsitek Bartholome Vignon (1762-1846), pelukis Jacques Louis David (1748-1825). Hasil karyanya ialah The Death of Marat(1793)
b. Romantisme
: Raden Saleh Sjarif Bastaman, Ludwig
Richter, Kasper Friederich. Hasil karyanya ialah Bridal Procession in a Spring Landscape.
c. Impresionisme
: Jean Claude Monet, Eduard Manet
dll
Hasil
karyanya ialah Water Lily Pond.
d. Neo
Impresioniesme : Paul Cezanne, Paul
Gauguin, dll.
Hasil
karyanya ialah The Card Players
e. Realisme : George Hendrik Breitner, Auguste Rodin, dll.
Hasil
karyanya ialah The Thinker
f. Simbolisme
dan Monumentalisme : Willian Blake,
Pierre Puvis de Chavannes.
Hasil
karyanya ialah The Ancient of Days
g. Ekspresionisme
: Vincent van Gogh, Eduard Munch,
dll.
Hasil
karyanya ialah Madonna
g.
Seni
Rupa Abad ke-20
Dengan pecahnya Perang Dunia I,
timbullah berbagai gerakan perbaikan dalam bidang seni rupa yang meliputi
fisik, material, mental, dan spiritual. Berdirinya Negara-negara baru sebagai
hasil perjuangan negeri-negeri jajahan bangsa Eropa, telah membangkitkan
semangat baru dalam bidang seni rupa.
Aliran-aliran yang bermunculan pada abad
ke-20 ini antara lain fauvism yang dimotori oleh Henri Matisse, dll. Kubisme
menampilkan pelukis Pablo Picasso, Leo Getel, dll. Futurisme menampilkan
tokoh-tokoh pelukis Carlo Carra dan Buido Severini.
Absolutisme menampilkan
pelukis Wassily Kadinsky.
a.
Hasil karya dari aliran fauvism
ialah The Dessert Harmony in Red yang
dilukis oleh Henri Matisse.
b.
Hasil karya dari aliran Kubisme
ialah The Old Guitarist yang dilukis oleh Pablo Picasso.
c.
HasilkaryadarialiranFuturismeialahThe Enchanted Chamber yang dilukisolehCarlo Carra
d.
HasilkaryadarialiranAbsolutismeialahSeveral Circles yang dilukisolehWassily Kadinsky.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar